Semiotika Kota: Pertarungan Ideologis di Ruang Urban

Buku ini dapat Anda baca di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dengan diskripsi

Call Number             : 307.7 Jae s

Pengarang                 : JAELANI, Jejen

Penerbit                     : Cantrik Pustaka

Tahun Terbit             : 2020

Kota bukan ruang yang netral. Ia selalu sesak oleh tanda. Dan tanda-tanda itu bukan sekadar tanda-tanda alamiah, melainkan tanda-tanda yang sengaja dibuat untuk kepentingan pembuatnya. Ada beragam kepentingan yang dapat menyelimuti setiap tanda yang muncul di ruang-ruang kota, mulai dari kepentingan ekonomi, politik, sosial, hingga agama. Dalam praktik penciptaan tanda-tanda itulah, muncul relasi-kuasa di ruang-ruang kota: ada yang mendominasi dan didominasi dan ada juga yang mengelabui dan dikelabui. Melalui berbagai perangkat analisis kritis, buku ini berusaha membongkar jejaring relasi-kuasa yang berada di balik setiap tanda yang berebut masuk ke dalam kesadaran kita. Buku ini, dengan demikian, menegaskan kembali argumen Henri Lefenvre bahwa ruang adalah produk sosial



 
Open chat
1
Ada Yang Bisa Kami Bantu ?
Kami Siap Membantu Anda. Sampaikan pertanyaan, saran, dan kritik kepada kami.