Profil

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta adalah perpustakaan perguruan tinggi negeri di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang berdiri bersamaan dengan lembaga induknya yaitu Institut Seni Indonesia Yogyakarta berdasarkan keputusan presiden RI Nomor 39/1984 tanggal 30 Mei 1984 dan diresmikan berdirinya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 23 Juli 1984. Seperti lembaga induknya UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpaduan perpustakaan lembaga pendidikan tinggi kesenian yang telah ada sebelumnya di Yogyakarta, yaitu Perpustakaan Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia “ASRI” (STRI ASRI), Perpustakaan Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), dan Perpustakaan Akademi Musik Indonesia (AMI). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta telah mempunyai Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) 3402152F1000001.

Koleksi UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta  sebagian besar adalah koleksi pustaka yang berhubungan dengan bidang seni dan budaya. Hal tersebut sebagai wujud komitmen lembaga induknya (ISI Yogyakarta) menuju center of excellence (pusat unggulan) bidang Penciptaan dan Pengkajian Seni. Sejak tahun 1988 UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta di tunjuk oleh Dirjen Dikti sebagai pusat layanan disiplin ilmu (pusyandi) khususnya bidang seni budaya yang berperan sebagai sumber utama dalam pelayanan penelusuran informasi dan dokumen bagi seluruh sistem layanan bibliografi di lingkungan perpustakaan perguruan tinggi seni. Pada tahun 2015 UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta telah dinyatakan sebagai perpustakaan perguruan tinggi terakreditasi dengan nilai “A” oleh Perpustakaan Nasional RI dan pada tahun 2018 telah dilakukan re akreditasi dengan nilai “A”.

VISI

Mewujudkan Perpustakaan sebagai penyedia informasi bidang seni dan budaya yang lengkap dan relevan  untuk mendukung kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi dan mewujudkan perpustakaan sebagai Pusat Pelayanan Disiplin Ilmu Bidang Seni dan Budaya.

MISI

  1. Menyediakan koleksi dan sumber informasi bidang seni dan budaya yang dibutuhkan pemustaka.
  2. Menyelenggarakan proses pengelolaan koleksi dan informasi dalam rangka mewujudkan layanan prima perpustakaan.
  3. Meningkatkan mutu layanan perpustakaan yang berorientasi pemustaka (cepat, tepat, dan mudah).
  4. Mengoptimalkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam  layanan perpustakaan, pelestarian dan pendokumentasian karya seni tradisi
  5. Mengembangkan kerjasama secara aktif dengan perpustakaan dan lembaga-lembaga penyedia informasi lainnya.
  6. Mengembangkan perpustakaan berbasis Standar Nasional Indonesia (SNI) Perpustakaan Perguruan Tinggi.

 
Open chat
1
Ada Yang Bisa Kami Bantu ??
Kami Siap Membantu Anda. Sampaikan pertanyaan, saran, dan kritik kepada kami.