Jurnal memiliki peran penting dalam aktivitas pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi.  Seiring dengan dinamika teknologi informasi tersedia dalam format tercetak dan elektronik. Untuk pengelolaan jurnal elektronik, mulai dilakukan secara serius oleh perguruan tinggi karena merupakan bentuk penyesuaian dengan karakter masyarakat yang terbiasa memanfaatkan produk teknologi informasi serta aturan dari Kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi yang mengharuskan jurnal dapat diakses secara online.

Melihat pentingnya pengelolaan jurnal elektronik di perguruan tinggi maka UPT Perpustakaan ISI menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Strategi Pengelolaan Jurnal Elektronik di Perguruan Tinggi. Seminar ini dilaksanakan pada Hari Rabu, 25 Mei 2016 bertempat di Ruang Seminar UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Seminar ini diharadiri oleh 115 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi serta perpustakaan di Indonesia.

Seminar ini diawali dengan sambutan dari Kepala UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, Drs. Jono dan dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan seminar oleh Drs. Anusapati, M.FA.

Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Dr. St. Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Sn dan Dr. Phil. Al Makin MA. Pembicara pertama menyampaikan makalah berjudul “Peluang dan Tantangan Pengelolaan Jurnal Elektronik di Perguruan Tinggi (Kasus di Institut Seni Indonesia Yogyakarta)”. Dalam makalah tersebut dipaparkan tentang definisi jurnal elektronik, ragam jurnal, peluang pengelolaan jurnal elektronik serta berbagai tantangan yang diharapi dalam mengelola jurnal elektronik.

Pembicara kedua Dr Phil Al Makin, MA. Menyampaikan materi tentang “Strategi Pengelolaan Jurnal Elektronik dalam Menghadapi Akreditasi. Dalam materi tersebut dibahas tentang manajemen pengelolaan jurnal, peningkatan karya ilmiah standar jurnal serta menuju pengelolaan jurnal ilmiah profesional dan terakreditasi.

Seminar ini diakhiri oleh sesi tanya jawab. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Pertanyaan peserta seputar bagaimana pengelolaan jurnal, indentifikasi jurnal predator serta jurnal elektronik. Narasumber yang merupakan pengelola dan asesor jurnal mampu memberikan jawaban lugas sehingga memuaskan peserta seminar.

seminar 2016a

seminar 2016b



 
Open chat
1
Ada Yang Bisa Kami Bantu ??
Kami Siap Membantu Anda. Sampaikan pertanyaan, saran, dan kritik kepada kami.