Bertempat di Ruang Seminar Lantai III UPT Perpustakaan  ISI Yogyakarta, Rabu (17/7), digelar bimbingan teknis (bimtek)  mengelola  jurnal online berbasis OJS (Open Journal System). Tampil sebagai nara sumber dalam acara tersebut, Tri Andi, Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Kegiatan tersebut cukup diminati kalangan civitas akademika ISI Yogyakarta,sedikitnya 50 peserta antusias mengikuti bimbingan tatacara mengelola jurnal tersebut.  Mereka diantaranya para dosen muda ISI Yogyakarta yang ingin mengetahui lebih detail tahapan penerbitan jurnal dalam Open Journal System ( OJS).

Dalam paparannya Tri Andi menjelaskan tahapan penerbitan jurnal dalam OJS. Tahapan itu adalah penerimaan naskah,distribusi naskah, pemeriksaan dan penyuntingan naskah dan terakhir penerbitan jurnal. Lebih lanjut alumnus Magister Teknik Informatika (Amikom) itu mengatakan sistem jurnal online dengan menggunakan OJS dibangun sesuai dengan pengelolaan yang telah ditentukan agar  jurnal dapat diproses akreditasinya.

Terkait dengan acara tersebut, Kepala UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, Agustiawan,S.S.,M.IP, mengapresiasi antusiasme peserta mengikuti bimbingan dan kesiapan panitia menggelar acara tersebut.  “Peserta yang hadir ini bukti mereka ingin berkontribusi kepada lembaga lewat pengelolaan jurnal. Masih kurangnya pemahaman dalam pengelolaan jurnal menggunakan OJS, diakibatkan sumber daya manusia yang masih minim dalam penguasaan teknologi informasi. Maka untuk menambah  pengetahuan khususnya bagi pengelola jurnal serta dosen Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta, maka diadakan bimbingan teknis ini,”katanya.

Pembantu Rektor I ISI Yogykarta, Dr. Stephenanus Hanggar Budi Prasetya dalam sambutannya berharap setelah mengikuti acara bimtek ini para pengelola jurnal tercetak di lingkungan ISI Yogyakarta juga mampu mengelola jurnal secara elektronik mulai dari manajemen penerbitan yang dikelola secara elektronik  yang di dalamnya terdapat berbagai jenis pengguna dan kewenanganya, includes administrator, management of journal, editor, reviewer, to the author or the author, thus facilitating the access of reference for the academic community.

 

dok: AHA



 
Open chat
1
Ada Yang Bisa Kami Bantu ??
Kami Siap Membantu Anda. Sampaikan pertanyaan, saran, dan kritik kepada kami.