UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Penerimaan Mahasiswa Baru 2013/2014 Institut Seni Indonesia Yogyakarta

I. PENDIDIKAN PROGRAM SARJANA (S1)

Pendidikan Program S1 di ISI Yogyakarta dilaksanakan untuk menghasilkan insan-insan akademik dan profesional yang kreatif, produktif, sebagai seniman Indonesia yang mendunia, yaitu sarjana yang memiliki kematangan jiwa dan kepribadian serta tanggap terhadap segala bentuk aspirasi masyarakat dan perkembangan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara. Penyelenggaraan pendidikan program Sarjana (S1) dengan beban minimal 144 SKS dapat ditempuh dalam waktu antara 6 – 14 semester. Pendidikan program diploma (D3) dengan beban minimal 111 SKS dapat ditempuh antara 6 – 10 semester.

II. LEGALITAS DAN AKREDITASI

ISI Yogyakarta merupakan PTN yang diberi tugas dan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan seni sampai jenjang tertinggi. Program Sarjana memiliki 12 Program Studi yang legalitasnya terdata dalam PDPT Dikti dan BAN-PT. Akreditasi Program studi Disain Interior, Disain Komunikasi Visual dan Kriya Seni terakreditasi A, sedangkan Program studi yang lain terakreditasi B. Program Diploma memiliki 2 Program Studi.

III. PROFIL LULUSAN DAN PELUANG KERJA

Secara umum lulusan ISI Yogyakarta diharapkan mampu merancang, menyusun, dan menyajikan karya seni secara kreatif dan inovatif serta mampu memberikan kontribusi pemikiran dalam memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya yang berkaitan dengan seni dan budaya.

Secara khusus sarjana seni ISI Yogyakarta mempunyai cukup banyak peluang kerja, baik yang bersifat mandiri/berwirausaha yaitu kemampuan mengimplementasikan ilmu yang dikuasai sesuai dengan pendalaman bidang seni masing-masing, sebagai: komposer musik, koreografer tari, penulis naskah lakon, sutradara, event organizer, jurnalis seni dan budaya, penyaji, pemeran, praktisi, disainer professional, kontraktor disainer interior, perancang disain grafis, seniman professional, fotografer professional, Professional dalam bidang pertelevisian, Professional dalam bidang Film Animasi dan Animasi Game (Animasi Interaktif) dll. Atau sangat mungkin bagi yang berminat memperdalam dan mengembangkan ilmu-ilmu seni dapat menjadi: pengkaji/peneliti, kritikus seni, kurator dan akademisi.

IV. PROGRAM STUDI YANG DISELENGGARAKAN

A. FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

1. Jurusan Tari
Program Studi S1 Seni Tari
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Seni Tari

2. Jurusan Karawitan
Program Studi S1 Seni Karawitan
Kompetensi Penciptaan, Penyajian dan Pengkajian Seni Karawitan

3. Jurusan Musik

Program Studi S1 Seni Musik
Kompetensi Penciptaan (Komposisi Musik), Penyajian (Musik Pertunjukan dan Pop-Jazz), dan Pengkajian Seni Musik (Musikologi dan Musik Pendidikan)

4. Jurusan Teater

Program Studi S1 Seni Teater
Kompetensi Penciptaan (Penyutradaraan, Penataan Artistik, Penulisan Naskah, Pemeranan) dan Pengkajian Seni Teater (Dramaturgi)

5. Jurusan Etnomusikologi
Program Studi S1 Etnomusikologi
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Musik Etnis

6. Jurusan Pedalangan
Program Studi S1 Seni Pedalangan
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Seni Pedalangan

B. FAKULTAS SENI RUPA

1. Jurusan Seni Murni

Program Studi S1 Seni Rupa Murni
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Seni Patung, dan Seni Grafis)

2. Jurusan Kriya

a. Program Studi S1 Kriya Seni
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Kriya Seni (Kriya Kayu, Kriya Logam, Kriya Tekstil, Kriya Kulit dan Kriya Keramik)
b. Program Studi D3 Batik dan Fashion

3. Jurusan Disain

a. Program Studi S1 Disain Interior (Reguler dan Non Reguler)
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Disain Interior

b. Program Studi S1 Disain Komunikasi Visual (Reguler dan Non Reguler)
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Disain Komunikasi Visual

C. FAKULTAS SENI MEDIA REKAM

1. Jurusan Fotografi

Program Studi S1 Fotografi
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Fotografi

2. Jurusan Televisi
Program Studi S1 Televisi (Reguler dan Non Reguler)
Kompetensi Penciptaan dan Pengkajian Televisi

3. Program Studi D3 Animasi

 

V. SISTEM SELEKSI

A. JALUR UMUM/REGULER

Terbuka bagi lulusan SMA/SMK sederajat dengan melalui tes ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru.

B. JALUR KHUSUS

1. Beasiswa BIDIKMISI

  • Siswa SMA/SMK/MA/MAK/sederajat yang akan lulus 2013 atau telah lulus pada tahun 2012 dan bukan penerima Bidikmisi di PT lain
  • Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  • Memiliki potensi akademik yang relevan dan memenuhi standar jurusan yang dituju serta kurang mampu secara ekonomi dan masuk dalam 30 persen terbaik di sekolah
  • Memiliki prestasi ko-kurikuler/ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain (contoh: Ketua OSIS)
  • Mengikuti wawancara

2. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

  • Lulusan Tahun 2013.
  • Termasuk dalam 10 besar (25%) ranking kelas, dengan nilai rapor semester III, IV dan V rata-rata 7.
  • Memiliki keahlian khusus (talenta) bidang seni sesuai Program Studi yang dipilih.
  • Memiliki sertifikat prestasi di bidang seni pada tingkat Kabupaten/Propinsi/ Nasional.
  • Mengikuti placement tes sesuai program studi yang dipilih
  • Mengikuti wawancara
  • Bagi yang tidak mampu secara ekonomi dapat diintegrasikan pada Program Nasional BIDIKMISI.

3. Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD)

  • Merupakan utusan daerah (instansi/organisasi) untuk kepentingan pengembangan potensi di bidang seni.
  • Memiliki prestasi di bidang seni sesuai dengan Program Studi yang dipilih.
  • Menyertakan rekomendasi dari pemerintah daerah (instansi/ organisasi) tempat bekerja.
  • Lulus SMA/SMK/sederajat
  • Mengikuti placement tes sesuai program studi yang dipilih
  • Mengikuti wawancara

4. Penelusuran Pendidikan Linier

  • Lulusan SMK Tahun 2013 dari rumpun ilmu yang sama dengan Jurusan/Program Studi yang dipilih.
  • Khusus untuk Program Studi: Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Teater, Etnomusikologi, Seni Pedalangan, Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Televisi dan Fotografi.
  • Mengikuti placement tes sesuai program studi yang dipilih
  • Mengikuti wawancara

5. Pendidikan Lanjutan

  • Memberi kesempatan bagi Lulusan D3 Program Studi sejenis untuk studi lanjut di ISI Yogyakarta
  • Mengajukan surat permohonan kepada Rektor dilampiri formulir pendaftaran yang telah tersedia
  • Melampirkan fotocopy Ijazah D3/setara dan atau transkrip nilai yang telah dilegalisasi
  • Melampirkan surat keterangan Akreditasi Perguruan Tinggi asal
  • Mengikuti wawancara dan placement tes sesuai program studi yang dipilih

 

C. PROGRAM NON REGULER

  • Khusus dibuka untuk Program Studi: Disain Komunikasi Visual, Disain Interior (Fakultas Seni Rupa) dan Televisi (Fakultas Seni Media Rekam)
  • Seleksi Program Non Reguler hanya dilaksanakan pada gelombang II
  • Merupakan kelas khusus (Pararel) dari kelas reguler yang telah ada.

 

VI. PROSEDUR DAN SYARAT PENDAFTARAN

A. PROSEDUR PENDAFTARAN MANUAL

  1. Biaya penyelenggaraan seleksi akan dibebankan pada BOPPTN, calon mahasiswa tidak dikenakan biaya apapun.
  2. Panduan dan Formulir pendaftaran dapat diperoleh dengan mengunduh di http://pmb.isi.ac.id atau datang langsung ke sekretariat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Gedung Rektorat, Jalan Parangtritis Km 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
  3. Menyerahkan 2 rangkap formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.
  4. Bagi yang akan lulus tahun 2013 melampirkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Akhir dan foto copy rapot semester III, IV dan V yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  5. Bagi lulusan tahun 2012 dan sebelumnya cukup melampirkan 2 lembar foto copy STTB/Ijazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  6. Menyerahkan 4 lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 3×4 background warna merah.
  7. Melampirkan isian wawasan seni tari bagi pilihan program studi seni tari, isian partitur/instrumen bagi pilihan seni musik.
  8. Melampirkan data penghasilan orang tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/ Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya disahkan oleh Kepala Desa setempat.
  9. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas penggunaan NAPZA dari Dokter. (serta perhatikan pada syarat ketentuan khusus)
  10. Kartu Peserta Seleksi tertera Nomor Tes, Pilihan Program Studi, Pasfoto calon serta cap legalitas akan diberikan setelah ditandatangani peserta sesuai tanggal penyerahan berkas.
  11. Semua berkas persyaratan dimasukan dalam stopmap (warna biru untuk FSR, warna merah muda untuk FSP, dan warna kuning untuk FSMR)

Catatan: butir 9 diatas dapat diserahkan setelah dinyatakan diterima pada saat registrasi.

B. PROSEDUR PENDAFTARAN ON LINE

  1. Pendaftaran dilakukan secara online di laman http://pmb.isi.ac.id dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat/diunduh di laman tersebut pada bagian Informasi.
  2. Sebelum melakukan pendaftaran, perhatikan dan siapkan berkas-berkas yang dipersyaratkan:
    Data Identitas Diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar)
    Data Ijazah dan Nilai Ujian Nasional
    Data Nilai Rapot Semester III, IV dan V
    Data Sekolah Asal
    Softfile pasfoto terbaru ukuran 3×4 background warna merah, dalam format jpeg ukuran maksimal 200 kb.
  3. Sebelum mengisi formulir, pastikan terlebih dahulu pilihan sistem/jalur seleksi dan pilihan program studinya
  4. Pendaftaran online dimulai sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  5. Kesalahan dalam pengisian formulir pendaftaran online menjadi tanggungjawab pendaftar, data yang sudah disimpan tidak dapat diubah.
  6. Setelah sukses melakukan pengisian dan penyimpanan data, lakukan pencetakan biodata dan kartu peserta saudara sebanyak 2 lembar pada kertas ukuran A4 (diharapkan dalam printer warna)
  7. Data pendaftaran akan segera kami proses, jika saudara telah menyerahkan berkas persyaratan verifikasi dan validasi data, sebagai berikut:
    a. Bagi yang akan lulus tahun 2013 melampirkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Akhir dan foto copy rapot semester III, IV dan V yang dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan.
    b. Bagi lulusan tahun 2012 dan sebelumnya melampirkan 2 lembar foto copy STTB/Ijazah SMA/SMK sederajat dan SKHUN yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan
    c. Melampirkan 4 lembar pasfoto resmi terbaru ukuran 3×4 background warna merah.
    d. Melampirkan isian wawasan seni tari bagi pilihan program studi seni tari, isian partitur/instrumen bagi pilihan seni musik. (format isian dapat diunduh)
    e. Melampirkan surat keterangan penghasilan orang tua yang telah disahkan oleh Bendaharawan bagi yang berpenghasilan tetap (PNS/TNI/POLRI/ Karyawan Swasta), dan untuk yang lainnya disahkan oleh Kepala Desa setempat
    f. Melampirkan surat keterangan sehat dan bebas penggunaan NAPZA dari Dokter (serta perhatikan pada syarat ketentuan khusus)
    g. Kartu Peserta saudara akan dilegalisasi oleh Panitia setelah ditandatangani peserta dan tervalidasi sesuai tanggal penyerahan berkas
    Catatan: butir f diatas dapat diserahkan setelah dinyatakan diterima pada saat registrasi.
  8. Bagi peserta luar kota diberi kesempatan untuk mengirimkan berkas verifikasi dan validasi data tersebut melalui pos, dengan ketentuan berkas tersebut sudah harus diterima panitia paling lambat sesuai jadwal yang telah ditentukan (keterlambatan pengiriman/penyampaian) bukan tanggungjawab panitia.

C. KETENTUAN KHUSUS

Selain persyaratan diatas calon diwajibkan pula memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran seperti:

  1. Sehat paru-paru dan THT, untuk mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan semua Jurusan.
  2. Tidak buta warna menurut Dokter spesialis, untuk mahasiswa semua Program Studi kecuali di Seni Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
  3. Tidak cacat fisik, gagu dan gagap, yang dapat mengganggu proses studi pada masing-masing program studi di FSP dan FSMR.

 

D. WAKTU PENDAFTARAN DAN PENYERAHAN BERKAS (VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA)

1. JALUR REGULER

  • Gelombang I : 29 April s/d 21 Mei 2013
  • Gelombang II : 1 Juli s/d 12 Juli 2013

2. JALUR KHUSUS

  • Bidikmisi, PMDK, PBUD, Linier : 29 April s/d 10 Mei 2013
  • Pendidikan Lanjutan : 1 Juli s/d 12 Juli 2013

3. JALUR NON REGULER

  • Gelombang II : 1 Juli s/d 12 Juli 2013

 

VII. MATERI UJIAN SELEKSI

A. FAKULTAS SENI PERTUNJUKAN

1. Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Jurusan/Program Studi yang dipilih

B. FAKULTAS SENI RUPA

1. Tes Praktik Uji Keterampilan sesuai Jurusan/Program Studi yang dipilih
2. Wawancara

C. FAKULTAS SENI MEDIA REKAM

1. Tes Keterampilan Program studi Fotografi/Televisi/Animasi
2. Membawa porto folio/hasil karya sesuai program studi yang dipilih (Fotografi/Televisi/Animasi)

VIII. WAKTU DAN TEMPAT UJIAN SELEKSI

A. JALUR REGULER

  • Gelombang I : 27 – 29 Mei 2013
  • Gelombang II : 16 – 18 Juli 2013

B. JALUR KHUSUS

  • Bidikmisi, PMDK, PBUD, Linier : 15 Mei 2013
  • Pendidikan Lanjutan : 16 – 18 Juli 2013

C. JALUR NON REGULER

  • Gelombang II : 16 – 18 Juli 2013

Tempat penyelenggaraan ujian seleksi di masing-masing program studi sesuai jadwal dan kapasitas ruangan.

IX. PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI

Hasil Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014 akan diumumkan di Fakultas masing-masing, melalui media cetak yang terbit di Yogyakarta, dan melalui laman http://pmb.isi.ac.id.

Periode

Pengumuman

Registrasi

1. Gelombang I 14 Juni 2013 17 – 19 Juni 2013
2. Gelombang II 1 Agustus 2013 19 – 21 Agustus 2013

Keputusan hasil ujian seleksi tidak dapat diganggu gugat

X. BIAYA PENDIDIKAN

Berdasarkan Surat Dirjen Dikti Nomor: 97/E/KU/2013 tanggal 5 Februari 2013 perihal Uang Kuliah Tunggal mulai Tahun akademik 2013/2014, maka biaya yang wajib dibayarkan bagi Mahasiswa yang dinyatakan diterima pada saat Registrasi, adalah antara Rp 500.000,- sampai dengan Rp 5.000.000,-

XI. FASILITAS

  • Kartu ATM Bank BNI
  • Beasiswa BIDIKMISI, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Beasiswa Supersemar, dll.

XII. LAIN-LAIN

Pada Tahun Akademik 2013/2014 ISI Yogyakarta mempunyai daya tampung sebagai berikut:

Program Studi/Jenjang

Program

Daya Tampung

Seni Tari (S1) Reguler

50

Seni Karawitan (S1) Reguler

30

Seni Musik (S1) Reguler

80

Seni Teater (S1) Reguler

40

Etnomusikologi (S1) Reguler

40

Seni Pedalangan (S1) Reguler

10

Seni Rupa Murni (S1) Reguler

100

Kriya Seni (S1) Reguler

90

Batik & Fashion (D3) Reguler

20

Disain Interior (S1) Reguler

40

Disain Interior (S1) Non Reguler

40

Disain Komunikasi Visual (S1) Reguler

45

Disain Komunikasi Visual (S1) Non Reguler

45

Fotografi (S1) Reguler

45

Televisi (S1) Reguler

45

Televisi (S1) Non Reguler

30

Animasi (D3) Reguler

45